Beberapa ide Sumber Modal Usaha Tanpa Hutang Buat Awal Bisnismu

Saat ingin membuat usaha ataupun bisnis di bidang apapun tentunya membutuhkan modal. Karena modal usaha adalah suatu yang hal yang harus disediakan pada saat ingin membuat suatu usaha. Jika tidak ada modal, maka suatu usaha pasti belum bisa dimulai.

Dana sebagai modal usaha dapat didapatkan dengan meminjamnya. Namun tidak semua orang mau untuk berhutang kepada pihak-pihak lainnya.

Maka sebisa mungkin sumber modal yang didapatkan bukan dengan cara berhutang. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas tentang 5 sumber modal tanpa hutang. Berikut adalah sumber-sumber modal tersebut :

Tabungan

Sumber modal usaha tanpa hutang yang pertama adalah dengan tabungan. Ini adalah salah satu kegunaan dari kebiasaan menyisihkan gaji setiap bulannya. Karena uang dari tabungan tersebut suatu hari dapat menjadi modal untuk usaha menguntungkan.

Maka dari itu, mulailah kebiasaan menabung ini sedini mungkin. Selain untuk persiapan modal usaha untuk masa yang akan datang. Hasil dari menabung ini juga dapat digunakan jika terjadi sesuatu yang mendadak. Karena banyaknya hal positif dari menabung, maka mulailah kebiasaan menabung tersebut sejak saat ini.

Menjual Aset 

Modal usaha tanpa hutang juga bisa didapat dengan menjual aset yang dimiliki. Aset tersebut dapat berupa properti ataupun barang-barang berharga lainnya. Namun ingat untuk tidak menjual semuanya, jual sebagian saja, dan simpan sebagian untuk hal yang tidak terduga.

Untuk menjual aset properti, maka gunakanlah jasa agen properti. Karena tentunya mereka telah lebih berpengalaman dalam hal menjual berbagai aset properti. Selain itu, hal ini juga untuk mengurangi resiko ditipu oleh pembeli. Maka dari itu, gunakanlah jasa agen properti yang memang sudah berpengalaman dan mengerti harga pasar. Sehingga aset akan cepat laku dan harganya sesuai.

Mencari Investor

Jika belum memiliki tabungan dan tidak memiliki aset yang dapat dijual, maka cara berikut ini mungkin bisa dilakukan. Carilah investor yang tertarik dengan bidang bisnis yang akan dibuat. Caranya adalah dengan datang ke berbagai seminar, karena biasanya banyak investor yang sedang mencari tempat investasi disana.

Jika menemukan investor yang berminat maka jelaskanlah bisnis yang akan dibuat secara rinci. Sertakan juga bagaimana nantinya sistem pembagian untung dari usaha tersebut.

Jika diperlukan, buatlah proposal tentang berbagai hal dari bisnis yang akan dibuat tersebut. Dengan begitu, biasanya investor akan lebih tertarik dan berkeinginan untuk menanamkan modal di bisnis tersebut.

Menawarkan Kerjasama

Hal satu ini bisa dilakukan jika modal yang dimiliki memang belum cukup. Ajaklah orang-orang terdekat seperti sahabat atau keluarga. Tentunya penting untuk mencari orang-orang yang memang sudah terpercaya dan dapat dipercaya.

Hindari orang-orang yang tidak bisa diajak bekerjasama ataupun hanya ingin ikut untung saja.

Jika sudah menemukan orang yang sesuai maka jelaskan bisnis yang akan dibuat dengan sejelas-jelasnya. Jawab dengan jujur setiap pertanyaan yang ditanyakan.

Jangan lupa untuk menerima setiap masukan yang diberikan. Karena dengan begitu, seseorang akan lebih merasa dihargai, sehingga bisa jadi lebih tertarik untuk menjalani bisnis bersama.

Investasi

Hal ini sama halnya dengan menabung, namun disini yang ditabung adalah dalam bentuk saham. Dimana ikut serta dalam sumber modal dari bisnis orang lain. Sehingga nantinya akan turut mendapatkan keuntungan dari bisnis tersebut. Selanjutnya uang dari hasil keuntungan tersebut digunakan untuk membuat bisnis sendiri.

Itulah beberapa sumber modal usaha tanpa hutang. Karena bagaimana pun keadaannya, sebisa mungkin hindari untuk berhutang. Kecuali jika memang keadaan yang memaksa untuk melakukan hal tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu para calon pebisnis yang terhambat karena aspek modal.

About the Author: Surya Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *