Contoh Teknologi Tepat Guna dalam Kehidupan Sehari-hari

Dewasa ini seiring dengan perkembangan kebutuhan dan kehidupan manusia yang terus maju, membuat dunia teknologi juga berkembang dengan pesat.

Banyak penerapan contoh teknologi tepat guna dalam kehidupan sehari-hari yang digalangkan untuk mempermudah kehidupan manusia. Mulai dari bidang kedokteran, bidang pertanian, bidang pendidikan bahkan bidang keamanan.

Dalam artikel dan ulasan ini akan dibahas mengenai contoh teknologi tepat guna dalam kehidupan sehari-hari yang bisa ditemui dengan mudah.

Teknologi tepat guna sendiri memiliki banyak keuntungan dan fungsi dalam membantu manusia menjalankan fungsi hidupnya. Nah apa saja memangnya teknologi tepat guna dalam kehidupan sehari-hari? Mari simak ulasan berikut.

Pengertian Teknologi Tepat Guna

Mari sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh teknologi tepat guna ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu pengertian teknologi tepat guna.

Teknologi tepat guna sendiri merupakan teknologi yang dibuat sesuai dengan kebutuhan dan faktor lingkungan masyarakat yang ada. Seperti faktor budaya, sosial, keetisan, politik bahkan ekonomi masyarakat yang bersangkutan.

Penerapan teknologi tepat guna sendiri memiliki tujuan untuk menjadi metode penghematan sumber daya alam dalam kinerjanya. Selain itu sendiri teknologi tepat guna menghendaki adanya minimalisir polusi dibanding dengan teknologi umum yang sudah beredar.

Pada pengaplikasiannya, teknologi ini banyak hadir dalam sistem sosial dan pertanian dalam masyarakat.

Pengaplikasian dan Keuntungan Teknologi Tepat Guna

Ada banyak sekali pengaplikasian dari teknologi tepat guna dalam berbagai bidang kehidupan, seperti bidang sosial, ekonomi, pertanian dll.

Namun yang paling nampak ada pada sistem sosial, ekonomi seperti aplikasi alat pembantu kerja pertanian. Adanya pengaplikasian dari teknologi tepat guna semacam ini jelas sangat banyak sekali manfaatnya.

Keuntungan dari teknologi tepat guna sendiri dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan berimbang seperti membantu operasional dan kinerja pengusaha.

Banyak kalangan masyarakat yang jelas terbantu dengan adanya aplikasi teknologi tepat guna dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kinerja menjadi lebih cepat, efektif dan hemat tenaga adalah salah satu keuntungan teknologi tepat guna.

Sektor kerja yang dibantu adanya teknologi tepat guna pastilah sistem kerjanya menjadi lebih terarah dan kegiatan operasionalnya menjadi lebih efektif.

Selain itu, keuntungan lain dari teknologi ini adalah menghemat tenaga operasional manusia karena sudah ada bantuan tenaga dari alat. Penggunaan teknologi semacam ini dalam membantu pekerjaan juga berdampak pada hasil kerjanya yang pasti baik.

Contoh Teknologi Tepat Guna

Diatas sudah dibahas mengenai pengertian dasar dari teknologi tepat guna, berikut dengan pengaplikasian dan keuntungannya. Kemudian selanjutnya akan dibahas mengenai contoh-contoh teknologi tepat guna dalam kehidupan sehari-hari.

Pompa Hydraulic Head

Contoh teknologi tepat guna  yang pertama dan sangat membantu kehidupan masyarakat adalah pompa hydraulic head yang sangat bermanfaat. Alat turunan dari teknologi tepat guna ini membantu dalam sektor kebutuhan perairan masyarakat. Teknologi ini memungkinkan adanya  pemompaan air dengan cara kerja mentransformasi.

Teknologi tepat guna semacam ini sangat cocok dan sedang dikembangkan pada area tanah dan lokasi perbukitan.

Pompa hydraulic sendiri memiliki kemampuan untuk membantu kerja masyarakat dalam mendapatkan sumber air bersih. Masyarakat menjadi terbantu dan tidak kesulitan untuk menimba air pada sumur atau sumber air yang biasanya memiliki medan terjal.

Pemanfaatan teknologi ini memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan hasil air yang lebih berlimpah dengan debit yang lebih kecil. Selain itu teknologi ini sangat ramah lingkungan karena tidak menggunakan bahan bakar gas atau minyak untuk menunjang kinerjanya. Benar-benar merupakan contoh teknologi tepat guna yang sangat berguna dalam kehidupan bukan?

Traktor

Contoh teknologi tepat guna selanjutnya datang dari salah satu alat yang cukup umum digunakan dalam membantu sektor pertanian.

Ya! Itulah traktor, sebuah alat yang mampu membantu pembajakan wilayah sawah dengan lebih mudah dan efisien. Pada umumnya dahulu petani harus mencangkul tanah persawahan sendiri dengan cangkul.

Kehadiran traktor sendiri bertujuan untuk membantu dan mempermudah kinerja petani sehingga akan lebih efektif dan cepat. Biasanya penggunaan traktor sendiri banyak dikembangkan dalam area pedesaan yang sektor pertanian dan perkebunannya berkembang.

Traktor sendiri tidak akan memberatkan petani lagi untuk membajak atau menggunakan hewan sebagai alat bantunya.

Mesin Penebar Bibit

Mesin penebar bibit menjadi salah satu teknologi tepat guna lainnya yang banyak digunakan untuk membantu petani dalam kerjanya.

Dengan adanya mesin penebar bibit sendiri, petani menjadi lebih mudah dalam kinerjanya. Sehingga petani menjadi bisa lebih menghemat tenaga dengan penggunaan mesin ini.

Ketika biasanya penanaman pupuk dilakukan dengan cara manual, kini dengan kehadiran mesin ini kegiatan bertani menjadi lebih mudah.

Bibit yang ada akan lebih mudah untuk ditebarkan dengan cepat dan tepat. Keefektifan kerja menjadi semakin naik dan berkembang dengan pemanfaatan teknologi tepat guna.

Mesin Penetas Ayam

Salah satu contoh teknologi tepat guna yang dapat dibuat sendiri dirumah dengan alat sederhana adalah mesin penetas ayam. Tentu saja pengaplikasian teknologi semacam ini sangat membantu peternak ayam dalam rangka peningkatan kinerja mereka.

Teknologi semacam ini sangat membantu peternak untuk meminimalisir kerusakan dan pembusukan dari adanya telur.

Meski sebenarnya mesin penetas ayam memang sudah banyak yang dijual dipasaran, namun peternak bisa juga membuatnya sendiri. Berbahan sederhana seperti kardus, sekam padi, lampu, perekat dan kabel sudah bisa membuat mesin penetas ayam sendiri. Tentu saja teknologi tepat guna semacam ini sangat membantu dalam kehidupan keseharian.

Alat Penyaring Air

Untuk area pedesaan yang biasanya memiliki kesulitan dan masalah dengan air tentu saja teknologi yang satu ini bisa sangat membantu.

Alat penyaring atau filter air bisa menjadi solusi untuk menghasilkan air bersih untuk kebutuhan hidup dan merupakan contoh teknologi tepat. Alat-alat yang digunakan untuk membuat alat penyaring air cukup mudah seperti kerikil, sabut kelapa, ember,arang, spon dan pipa pralon.

Masing-masing dari alat-alat diatas disusun dalam beberapa susunan sebagai penyaring air yang belum layak digunakan. Setiap ornament seperti kerikil, sabut kelapa, ember, arang dan spon memiliki fungsinya masing-masing. Lakukan penyaringan tersebut berulang kali sampai dihasilkan air yang bersih.

Alat Ukur Kesuburan Tanah

Banyak sekali faktor yang melatar belakangi kegagalan hasil pertanian dan perkebunan yang ada dipedesaan salah satunya faktor kesuburan tanah.

Hal tersebut berkaitan dengan ketidak pahaman petani mengenai tingkat kesuburan dan kesehatan tanah itu sendiri. Oleh karena itu alat ukur kesuburan tanah menjadi salah satu alat yang sangat membantu kerja petani.

Alat semacam ini juga bisa menjadi alat bantu edukasi bagi petani dan pemilik perkebunan mengenai pentingnya kesuburan tanah. Sehingga petani didesa juga bisa menjadi lebih berkembang dan mampu menghasilkan hasil tani yang lebih berkualitas.

Teknologi ini bisa dibuat sendiri dengan bahan dan cara yang mudah atau didapatkan pada toko penyedia jasa pertanian.

Itulah diatas beberapa contoh teknologi tepat guna beserta pengertian dasarnya, pengaplikasiannya hingga keuntungannya.

Ada banyak keuntungan dan kemudahan dari pemanfaatan teknologi tepat guna yang bisa dicontoh bukan. Jadikan usaha dan kehidupan menjadi lebih mudah dengan teknologi tepat guna.

You May Also Like

About the Author: Surya Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *