Inilah Jenis-Jenis Media Sosial Yang Paling Banyak Digunakan Didunia

Menggunakan media sosial sudah menjadi hal yang biasa di zaman serba teknologi seperti sekarang ini. Hampir setiap dipastikan memiliki minimal satu akun di setiap media sosial yang ada.

Bagaimanapun bermain media sosial di internet itu sangat menyenangkan. Berikut ini jenis-jenis media sosial yang banyak digunakan di seluruh dunia.

1. Instagram

Instagram menjadi salah satu dari jenis-jenis media sosial yang banyak digunakan di dunia. Platfrom untuk saling membagikan foto dan video menjadi media sosial yang memiliki banyak sekali pengguna aktif di dalamnya.

Tampilannya sangat menarik dan mudah digunakan membuat Instagram mampu menarik minat orang untuk turut serta bergabung di dalamnya.

Di luar konteksnya sebagai media sosial, Instagram kini juga menjadi salah satu tempat untuk mencari uang. Banyaknya selebgram, atau artis Instagram, yang bisa menghasilkan uang dengan memanfaatkan kepopulerannya untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

Sebaliknya, Instagram juga menjadi media sosial yang sangat efektif untuk dimanfaatkan sebagai sarana promosi atau marketing.

2. Twitter

Media sosial twitter adalah salah satu dari jenis-jenis media sosial yang banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Twitter menjadi sarana bagi setiap orang untuk berbagi informasi dengan cepat dan realtime.

Kemampuan ini membuat Twitter disukai oleh banyak orang, sehingga kemudian semakin banyak orang yang bergabung dan membuat akun di media sosial Twitter.

Berbeda dengan Instagram yang menggunakan visual sebagai kekuatannya, Twitter menggunakan verbal atau kata-kata dalam bermain.

Layanan yang berdiri pada tahun 2008 ini memiliki pengguna aktif lebih dari 300 juta orang dan diproyeksikan akan terus bertambah. Di Twitter, orang bisa saling berbagi informasi atau bahkan membuat konten-konten lucu.

3. Facebook

Tidak orang yang tidak mengenal Facebook sekarang ini. Facebook yang berdiri pada tahun 2004 ini sampai sekarang masih menjadi salah satu jenis-jenis media sosial yang banyak digunakan. Bahkan menurut beberapa lembaga survey, Facebook adalah media sosial dengan pengguna aktif terbanyak dan terbesar di seluruh dunia.

Dalam Facebook, orang bebas untuk mengutarakan pendapat, berbagi informasi, hingga sekadar bertegur sapa dan bersilaturahmi dengan teman.

Bahkan beberapa orang bisa yang sudah lama tidak bertemu, bisa dipertemukan melalui media sosial Facebook. Facebook memiliki dua layanan yakni layanan website dan layanan mobile agar penggunanya semakin fleksibel untuk mengakses Facebook.

4. LinkedIn

Dibanding dengan media sosial lainnya, LinkedIn tergolong ke dalam jenis-jenis media sosial yang berorientasi pada bisnis dan pekerjaan. Dalam LinkedIn penggunanya bisa terhubung dengan berbagai jaringan perusahaan yang ada di seluruh dunia. Pengguna LinkedIn juga dapat membuat CV mereka sendiri dengan memasukkan detail-detail riwayat hidupnya pada profil LinkedIn.

Salah satu kehebatan LinkedIn bila dibandingkan dengan media sosial lainnya adalah kemampuannya untuk menghubungkan secara langsung antara perusahaan dengan pencari kerja.

Tidak jarang perusahaan membuat informasi lowongan pekerjaan yang disebar melalui LinkedIn. Sebagian yang lain, bagian HRD, bisa menghubungi langsung calon pekerjaanya setelah melihat profilnya di LinkedIn.

5. WhatsApp

Menjadi bagian dari jenis-jenis media sosial yang banyak digunakan di seluruh dunia, WhatsApp disebut-sebut memiliki pengguna aktif hingga 1,5 miliar orang di seluruh dunia. WhatsApp merupakan sebuah media sosial yang fokus sebagai platform untuk melakukan komunikasi melalui fitur chat. Agar lebih menarik, WhatsApp menambahkan fitur emotikon dan stiker yang lucu.

Sebelumnya, pengguna media sosial WhatsApp dipersilakan untuk mencoba selama setahun secara gratis sebelum kemudian harus membayar agar dapat kembali menggunakan WhatsApp. Namun kini, pengguna WhatsApp bisa menggunakan media sosial tersebut secara penuh dengan gratis. Bahkan, sejak diakuisisi oleh Facebook beberapa waktu lalu, WhatsApp juga mengembangkan fitur WhatsApp Business untuk pelaku bisnis.

6. LINE

LINE tergolong ke dalam jenis-jenis media sosial yang sama dengan WhatsApp, yakni berfungsi untuk berkomunikasi melalui fitur chat. Bedanya, media sosial keluaran Jepang ini lebih banyak disukai oleh anak-anak muda.

Hal itu tidak lain karena LINE memiliki tambahan stiker-stiker lucu yang ekspresif sehingga cocok untuk digunakan oleh anak-anak muda dan remaja.

Meski WhatsApp juga mulai meluncurkan stiker-stiker lucu yang dapat menyaingin LINE, tetapi pengguna LINE tetap setia karena stiker yang ada di LINE dianggap lebih ekspresif dan lucu. Selain itu, kini LINE mengembangkan beberapa aplikasi lain seperti LINE Today yang mirip seperti kanal berita dan LINE Webtoon yang berisi komik-komik indie.

7. Blog

Blog merupakan jenis-jenis media sosial yang mirip seperti jurnal pribadi yang bisa diakses oleh penggunanya di internet. Di blog, penggunanya bebas menggunakannya untuk bercerita tentang kehidupan sehari-hari. Beberapa pengguna blog juga memanfaatkannya untuk berbagi informasi dalam bentuk artikel dan gambar-gambar yang menarik.

Blog menjadi media sosial yang lengkap karena orang bisa bercerita sambil berbagi foto-foto yang menarik. Tidak jarang, blogger, sebutan bagi pengguna blog, mendapatkan pundi-pundi uang dari ketekunannya mengisi blog pribadinya. Blog juga menjadi salah satu media sosial yang efektif untuk melakukan pemasaran atau marketing dengan memanfaatkan SEO dan niche blog-nya

8. Kaskus dan Quora

Salah satu jenis-jenis media sosial yang ada di dunia berbasis pada forum. Dalam media sosial yang berbasis forum, biasanya terdapat sesi tanya jawab dan topik-topik yang dilemparkan oleh penggunanya. Dari topik yang dilempar itu, pengguna lainnya diperbolehkan untuk menanggapi sehingga menjadi sebuah ruang diskusi menarik dan informatif.

Di Indonesia, media sosial terkenal yang berbasis forum adalah Kaskus. Di Kaskus terdapat banyak thread yang berisi topik-topik menarik dan bisa ditanggapi oleh penggunanya. Bahkan, Kaskus juga mengembangkan fitur jual-beli yang kemudian menjadi cikal bakal e-commerce seperti saat ini. Beberapa sebutan di Kaskus yang melegenda antara lain: Gan, Cendol, dan, Bata.

9. TikTok

TikTok menjadi media sosial yang paling banyak diminati di seluruh dunia saat ini. Total pengguna aktif yang ada di TikTok mencapai kurang lebih 500 juta orang pengguna.

Media sosial buatan Tiongkok ini banyak diminati karena memiliki konten-konten video yang sangat lucu dan menarik. Di Indonesia sendiri, TikTok sudah dikenal beberapa tahun lalu.

Uniknya, TikTok di Indonesia sempat dinilai sebagai media sosial rendahan karena isi video-videonya yang dianggap norak. Namun, sejak akhir tahun 2019, pamor TikTok naik secara drastis dan banyak digunakan oleh orang Indonesia. Menurut beberapa survey, media sosial TikTok sangat menyenangkan karena dapat menghilangkan stres dengan video-video lucu.

10. Pinterest

Kehadiran Pinterest ini sangat disukai oleh orang-orang yang berkecimpung dalam dunia desain grafis. Pinterest memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi desain-desain menarik dan gambar-gambar berkualitas tinggi.

Penggunanya dapat mengunduh gambar dan desain atau menjadikannya sebagai inspirasi bagi desainnya sendiri. Total pengguna aktifnya saat ini mencapai kurang lebih 250 juta orang.

Baca juga: Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian

Banyak sekali jenis-jenis media sosial yang banyak digunakan di seluruh dunia. Peran media sosial saat ini tidak dibatasi sekadar untuk saling bertegur sapa, tetapi beberapa bisa menggunakannya untuk menghasilkan uang.

Memanfaatkan media sosial menjadi salah satu metode yang cukup efektif untuk memasarkan suatu produk mengingat banyak sekali orang menggunakan media sosial saat ini.

You May Also Like

About the Author: Surya Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *