Penting! inilah Perbedaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi

Dewasa ini banyak sekali istilah yang muncul mengenai sistem informasi dan teknologi informasi. Banyak sekali informasi yang mengatakan bahwa keduanya adalah sistem yang sama, meski pada kenyataannya keduanya adalah hal yang berbeda.

Oleh karena itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi untuk memberikan gambaran.

Meski sama-sama menggunakan kata informasi dibelakang kata sebelumnya, baik sistem informasi dan teknologi informasi itu berbeda.

Sehingga jangan sampai mengartikan keduanya sebagai satu kesatuan yang memiliki maksud yang sama ya. Berikut adalah ulasan mengenai perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi yang bisa menjadi acuan untuk membedakannya.

Pengertian Sistem Informasi

Sebelum membahas mengenai perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi ada baiknya untuk membahas mengenai pengertian sistem informasi.

Sistem informasi atau dalam singkatannya dikenal dengan SI merupakan sebuah kombinasi teknologi informasi dengan aktivitas orang yang menggunakan teknologi. SI mendukung adanya operasi dan manajemen aktivitas teknologi kombinasi dengan orang yang menggunakannya.

Sistem informasi secara luas merujuk pada interaksi proses algoritmik, data dan teknologi dengan pengelola. Sistem informasi memang berkaitan dengan data-data yang membantu jalannya proses itu sendiri. Hal ini yang kemudian menghadirkan perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi.

Ciri-Ciri Sistem Informasi

Sebelum membahas perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi berikut akan diulas mengenai ciri-ciri sistem informasi. Untuk ciri-ciri sistem informasi sendiri memiliki perbedaan dengan ciri-ciri teknologi informasi, sebagai berikut.

1. Memiliki Kebaruan

Sistem informasi sendiri memiliki ciri-ciri adanya kebaruan dari setiap perkembangan informasi yang didapatkan dan dihadirkannya. Sistem informasi sendiri lebih dianggap sebagai media penyebaran berita dan informasi didalam masyarakat. Ciri-ciri sistem informasi yang memiliki kebaruan menghadirkan kesegaran informasi bagi masyarakat.

Sistem informasi memang selalu memiliki kebaruan dalam setiap harinya, hal ini berkaitan dengan selalu berkembangnya kehidupan.

Selain itu banyak peristiwa dan hal-hal yang terjadi di masyarakat membuat kebaruan tersebut semakin berkembang. Kebaruan sistem informasi ini sendiri didukung persebarannya oleh teknologi informasi.

2. Memiliki Sistem Kolektif

Selain memiliki kebaruan, contoh lainnya dari ciri-ciri sistem informasi adalah memiliki sistem kolektif. Hal ini dimaksudkan bahwa sistem informasi yang beredar biasanya memiliki kekeliruan bukan? hal ini kemudian mendapat pembaharuan informasi. Kolektifitas menjadi salah satu pembaharuan atas sistem informasi yang mungkin keliru sebelumnya.

3. Menjadi Nilai Tambahan

Ciri-ciri lainnya dari sistem informasi adalah menjadi nilai tambahan atas berbagai informasi yang beredar sebelumnya. Sehingga selain memiliki ciri kebaruan dan sistem kolektif, sistem informasi memiliki nilai tambahan. Berbagai informasi terbaru dari pembaharuan informasi yang sebelumnya akan selalu diupdate untuk pemenuhan informasi.

4. Menjadi Penegas

Ciri-ciri selanjutnya dari sistem informasi adalah menjadi penegas sebuah informasi sebelumnya yang sudah ada dan beredar. Hal ini tentu saja mampu membantu masyarakat atau penerima informasi untuk lebih meyakini informasi yang beredar. Penegasan ini bertujuan untuk semakin menguatkan informasi yang sudah ada sebelumnya agar semakin konkret.

5. Mendapat Dorongan Dari Teknologi Informasi

Jika sistem informasi dikenal sebagai pengelola, maka teknologi informasi bisa dikatakan sebagai sebuah alat penunjang. Sehingga ciri-ciri lanjutan dari sistem informasi adalah mendapatkan dorongan dari teknologi informasi. Jadi bisa dimaksudkan bahwa meski keduanya memiliki pengertian yang berbeda namun keduanya saling melengkapi.

Pengertian Teknologi Informasi

Berbeda dengan sistem informasi, pada teknologi informasi sendiri berarti suatu teknologi atau sistem untuk mengolah data atau manipulasi data.

Kegiatan manipulasi dan mengolah data tersebut meliputi memproses, menyusun, mendapatkan, menyimpan dan mengolah data. Kegiatan teknologi informasi tersebut banyak digunakan untuk keperluan pribadi, maupun bisnis dan pemerintahan.

Sebuah kegiatan teknologi informasi sendiri berbasis pada penggunaan teknologi komputer dan teknologi komunikasi internet. Dalam teknologi informasi komputer dan teknologi internet menjadi salah satu pendukung penting jalannya kegiatan informasi. Jadi untuk teknologi informasi lebih pada alat dan sistem informasi ada pada pengelolaan manusianya.

Ciri-Ciri Teknologi Informasi

Diatas sudah diulas mengenai pengertian sistem informasi dan ciri-cirinya yang membedakanya dengan teknologi informasi. Kemudian berikut akan diulas mengenai ciri-ciri teknologi informasi.

1. Ada Untuk Menunjang Sistem Informasi

Ciri-ciri pertama dari teknologi informasi bahwa keberadaannya ada untuk menunjang keberadaan sistem informasi. Perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi sebenarnya terletak pada tugas dan fungsi itu sendiri. Sistem informasi yang dikenal sebagai pengelola tidak bisa berkembang tanpa teknologi informasi yang bertugas sebagai alat bantu.

Teknologi informasi lebih dikenal sebagai suatu alat yang berkaitan dengan sistem komputer untuk menunjang sistem informasi. Alat atau komputer ini sendiri termasuk didalamnya hardware dan software. Dimana keduanya mampu menjadi penunjang kegiatan sistem informasi yang ada seperti pembuatan network dan database.

2. Studi Peralatan Elektronika

Perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi lainnya terletak pada ciri-ciri teknologi informasi mengenai studi peralatan elekrtronika.

Hal ini disebutkan karena teknologi informasi akrab dan dikenal sebagai komputer yang berguna mengolah informasi, mendapatkan dan menyebarkannya. Komputer pada teknologi informasi juga mampu mengolah database yang ada untuk menunjang kehidupan manusia.

Database tersebut didalamnya termasuk bilangan, kata dan data-data yang kemudian diolah untuk didistribusikan dalam sistem informasi. Studi peralatan elektronika menjadi salah satu ciri-ciri teknologi informasi karena memang cirinya berkaitan dengan elektronika. Komputer adalah contoh alat yang tidak bisa lepas dari teknologi informasi.

3. Membantu Komunikasi

Ciri lainnya dari teknologi informasi adalah berguna untuk membantu informasi. Data yang didapatkan kemudian diolah dalam database dan computer sebelum akhirnya disebarkan dan didistribusikan dalam sebuah informasi.

Ciri-ciri ini merupakan ciri-ciri dasar dari teknologi informasi yang berkesinambungan dengan sistem informasi. Meski berbeda, keduanya memang selalu tidak bisa dilepaskan dalam kaitannya dengan persebaran informasi.

Sehingga ketika adanya informasi yang beredar dan berkembang, itu merupakan hasil kerja keduanya, antara sistem dan teknologi informasi.

Perbedaan keduanya memang hanya terletak pada fungsi dan alat pengelolaannya. Untuk permasalahan pembuatan dan persebaran informasi keduanya saling berkaitan.

4. Mencangkup Perangkat Lunas Dan Keras

Ciri teknologi informasi selanjutnya yang menjadi nilai perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi adalah cakupannya pada perangkat lunak dan keras.

Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa teknologi informasi selalu berkaitan dengan komputer, alat atau perangkat lunak dan keras. Hal ini dikarenakan dalam cara kerja teknologi informasi memang membutuhkan hal-hal diatas untuk menunjang kinerjanya.

Pengelolaan database, data dan informasi memang dilakukan teknologi informasi dalam sebuah perangkat lunak dan keras. Hal inilah yang menjadikannya berbeda dengan dengan sistem informasi. Perangkat keras dan lunak ini nantinya akan mentransmisikan, mengambil, memanipulasi atau mengelola data yang ada.

5. Membantu Mengirimkan Informasi

Selain bekerja untuk pengelolaan data, transmisi data, manipulasi atau pengambilan data, teknologi informasi memiliki ciri mampu membantu pengiriman informasi.

Pengiriman informasi ini dilakukan dengan elektronis seperti menggunakan mikrokomputer, komputer, mainframe, barcode, perangkat lunak kerja dan jaringan. Banyak kalangan yang mengatakan bahwa teknologi informasi merupakan sistem organisatoris yang membantu pengiriman informasi.

Baca Juga: Rasakan Keuntungan Luar Biasa Dengan XL Prioritas

Diatas adalah beberapa ulasan mengenai perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi dimana didalamnya dilengkapi pengertian dan ciri-cirinya.

Perbedaan keduanya sebenarnya berada pada alat, fungsi dan cara kerjanya saja. Setelah membaca ulasan berikut diharapkan agar lebih mampu memahami perbedaan sistem informasi dan teknologi informasi memiliki dari penjabaran yang sudah dijelaskan.

You May Also Like

About the Author: Surya Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *